Powered By Blogger

Selasa, 07 Februari 2017

Arti Waktu

Malam guys, lama kita tidak ketemu yaa. Semoga kalian masih setia ya baca post-postan gue haha. Malam ini gue mau coba cerita tentang arti waktu buat gue, syukur-syukur bisa bantu temen-temen yang lain yang masih bingung tentang arti waktu. Pertama yang paling gue garis bawahi, bedakan antara waktu dengan masa. Kenapa gue bilang gitu, karena menurutu gue waktu dan masa adalah dua hal yang mirip tapi tak serupa. Kalo diumpamakan anak kembar, mereka kembar tapi ga identik. Ada pepatah mengatakan bahwa setiap masa pasti ada orangnya, tapi hal itu tidak bisa disamakan dengan waktu. Karena tidak setiap waktu ada orangnya. Gue bilang gitu karena waktu itu adalah pilihan, dimana seseorang bisa memilih apakah dia mau ada di sana atau tidak di saat waktu tersebut. Itulah makanya ada sebutan buang-buang waktu. Seseoarang mengatakan bahwa suatu hal itu buang-buang waktu karena menganggap sesuatu hal itu tidak penting. Padahal jika dilihat dari kacamata orang lain mungkin saja hal itu penting. Itulah makanya gue bisa bilang bahwa ga setiap waktu itu ada orangnya, karena keberadaan seseorang di suatu waktu adalah pilihan. Itu lah yang lagi gue rasain bagaimana gue tidak bisa menggunakan waktu dengan baik. Karen kalian tau sendiri guys, waktu itu ga bisa diputar kembali. Itulah makanya gunakan waktumu sebaik-baiknya. Seperti yang gue alamin sekarang, gue duduk di semsester 8 di sebuah PTN. Ip gue pas-pasan, gue nyesel sekarang kenapa gue ga bisa dulu pergunakan waktu gue dengan baik pas gue di semester 1-7. Itulah namanya penyeselan guys, selalu datengnya belakangan. Kalau datang di awal soalnya bukan penyesalan namanya tapi antisipasi. Buat temen-temen semua mungkin yang baca tulisan gue, mungkin sudah saatnya kalian sadar. Jangan mengikuti jejak gue brader and sister. Kalian harus segera tersadar untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Karena inget sekaya apapun kalian, kalian ga akan bisa yang namanya beli waktu. Itu kenapa ada sebutan Time is Money. Karena uang dan waktu adalah hal yang sama pentingnya. Mulai sekarang segera atur waktu kalian. Mungkin gue bakal berbagi sedikit tips buat kalian agar bisa mengatur waktu kalian dengan baik. Oke silahkan disruput :

1. Selalu tentukan target kamu ke depan. Buat target jangka pendek dan jangka panjang. Kamu bisa menentukannya dengan membuat skala prioritas.
2. Buat timeline atau tanggalan pribadi. Kalian bisa buat dengan cara diprint trus kalian tempel di tembok kamar atau bisa kalian buat di note kalian. Kalian bisa buat timeline perbulan. Jadi apapun jadwal dan target kalian ditulis di sana.
3. Pergunakan waktu sebaik-baiknya. Usahakan membuat range waktu yang jelas saat kalian sedang mengerjakan sesuatu.
4. Selalu sisihkan waktu untuk kalian bisa beristirahat. Karena sekali lagi guys, istirahat itu penting agar kalian bisa terus segar dalam menjalankan aktivitas kalian.
5. Terus evaluasi per bulannya bagaimana kalian telah menggunkana waktu. Apakah sesaui dengan target yang telah kalian buat atau belum.

Mungkin itu aja dulu dari gue guys, semoga tulisan gue ini bisa bantu kalian menjadi lebih baik lagi. Okee see you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar